Cara Mengatasi Android FRP Lock


BLOG KOMPUTER - Apa sih FRP Lock itu? FRP adalah Factory Reset Protection. Dalam arti bahwa Custom Binary pada Smartphone sobat telah terkunci. Biasanya kebanyakan terjadi pada Smartphone Samsung dengan OS 5.1 (Lollipop) ke atas dan diakibatkan oleh GAGAL ROOT.

Sebelum saya membahas lebih jauh lagi, saya sedikit mempunyai cerita dengan kasus yang sama tentang FRP Lock ini. 

Waktu itu teman saya meminta kepada saya untuk me-Root smartphone samsung-nya. Setelah semua selesai dan berhasil di Root, teman saya langsung mematikan pengaturan OEM-nya. Dan setelah di reboot kembali, lalu terjadilah Custom Binary Blocked by FRP Lock.




Lalu, saya pun mencari cara kesana-kemari untuk mengatasinya, dan akhirnya ketemu. Namun tak disangka-sangka, software untuk mengatasi FRP Lock tersebut terdapat sebuah virus didalamnya. Lalu saya cari cara lain, yaitu dengan Flash ulang smartphone. Dan alhamdulillah, smartphonenya kembali normal seperti semula.

Maka dari itu, untuk sobat yang telah mencari dan menginstal software untuk mengatasi FRP Lock, lebih baik di Flash ulang. Ini salah satu cara agar smartphonenya terhindar dari virus. Dan carilah firmware yang terpercaya. Namun saya akan memberikan tips dibawah ini cara untuk mengatasi FRP Lock pada Android.

A. Bahan:

2. Odin
3. Firmware-nya bisa sobat cari di Google atau di Sammobile. Karena di Sammobile adalah Firm-ware asli dari Samsung sendiri.

B. Cara:

1. Instal USB Driver dan Ekstrak Odin serta Firmware-nya.

2. Buka Odin.

3. Masuk ke Mode Download dengan cara menekan Volume Down + Home + Power secara bersamaan.

4. Setelah masuk, tekan Volume Up untuk melanjutkan. Sambungkan smartphone ke PC menggunakan kabel data.

5. Jika berhasil, Odin-nya akan mendeteksi smartphone sobat.

6. Klik AP pada Odin, dan cari Firmware tadi.

7. Klik Start. Tunggu sampai proses selesai.

8. Jika sudah selesai, smartphone sobat akan merestart sendiri.

9. Cabut kabel data yang disambungkan ke PC tadi.

10. Selesai. Smartphone sobat sudah normal kembali.

Catatan: Jika sobat ingin me-Root smartphone sobat, saya sarankan jangan pernah sekali-kali untuk menonaktifkan OEM di mode pengembangan dalam pengaturan smartphone. Karena jika menonaktifkannya, berarti custom binary smartphone sobat akan mengalami FRP Lock.


Sekian artikel saya kali ini, semoga bisa bermanfaat dan membantu semuanya dalam mengatasi FRP Lock pada Android. Terimakasih.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 10:51:00

5 komentar

wahh kalo masalah gue yang terjadi seperti yang dicatatan ente gan. gasengaja T.T

bingung baikinya

Coba aja gan di flash ulang sesuai tutor yang ane kasih di atas, pasti work 100%. Terima kasih sudah berkunjung.

gan firmware nya emang 1GB lebih yak

Iya gan, utk OS Kitkat keatas kebanyakan Firmware nya 1 gb lebih. Terima kasih sudah berkunjung gan.

kalau udh dipasang firmwarenya tapi ketika masuk menu jaringan selulernya nggk terdeteksi dan versi basebandnya tidak diketahui, bagamaimana solusinya gan?

Silahkan tulis pertanyaan, kritik, dan saran Anda di kolom komentar!
*) Komentar yang mengandung spam, link aktif, ataupun alamat blog tidak akan muncul!

Terimakasih.