Cara Mengatasi Lupa Pola/Kata Sandi pada Android Tanpa Factory Reset


BLOG KOMPUTER - Pasti semua orang pernah mengalami yang namanya Lupa Pola/Kata Sandi pada Lockscreen/Kunci layar smartphone. Kejadian ini sangat sering dialami oleh semua orang yang menggunakan Penguncian Layar agar Smartphone penggunanya tidak diutak-atik oleh orang lain atau juga melihat data-data yang disimpan pada smartphone sobat. Tapi kemungkinan juga orang lain yang penasaran ingin membuka layar kunci beberapa kali sampai diblokir. Sebel banget 'kan?


Dan untuk mengatasi beberapa masalah pada Lupa Pola ini bisa melalui Factory Reset. Tapi untuk smartphone dengan tombol yang tidak aktif/rusak bisa apa untuk masuk Factory Reset? 

Maka dari itu, dalam artikel kali ini saya akan membagikan sebuah tips dan Cara Mengatasi Lupa Pola/Kata Sandi pada Android Tanpa Factory Reset.

Cara Membuka Kunci Layar Smartphone yang Lupa Pola/Kata Sandi tanpa Factory Reset

1. Menggunakan Android Device Manager

Cara pertama adalah melalui Android Device Manager. Sobat bisa menggunakan Smartphone orang lain atau PC/Laptop untuk membuka Android Device Manager. Cara ini sangat ampuh untuk membuka Layar Kunci yang Lupa Pola/Kata Sandi pada semua smartphone. Asalkan, smartphone sobat telah masuk ke akun google. Dan untuk menggunakan Android Device Manager ini pun harus menggunakan akun Google yang sama pada smartphone sobat. Jika sobat belum pernah menggunakan akun Google pada smartphone sobat, maka cara ini tidak akan bekerja.

Bukalah Android Device Manager pada browser PC/Laptop atau smartphone lain. Lalu sobat pilih Kunci atau Lock. Jika telah dipilih, sobat akan diminta untuk memasukkan kata sandi baru untuk mengganti kata sandi yang lupa. Ketikan password yang baru dua kali untuk mengkonfirmasikan password yang baru. Lalu klik Lock. Tunggu kurang lebih 5 menit. Setelah itu, seharusnya kata sandi/pola yang baru telah berhasil digunakan.


2. Melalui Samsung Find My Mobile

Cara ini sama dengan cara diatas. Perbedaannya dari akun yang digunakan. Untuk cara diatas menggunakan akun Google, untuk cara yang kedua ini menggunakan akun Samsung. Maka dari itu, jika sobat belum pernah melakukan login atau daftar akun Samsung pada smartphone sobat, Cara ini juga tidak akan bekerja.

Masuk ke Find My Mobile pada browser PC/Laptop atau juga smartphone yang lain menggunakan akun Samsung sobat yang sama dengan akun samsung pada smartphone sobat.

Setelah Login, klik Lock my screen, masukkan PIN baru dan klik Lock. Kurang lebih dua menit, seharusnya PIN yang baru telah berhasil sobat gunakan untuk membuka kunci layar smartphone.


3. Menggunakan Fitur Forgot Pattern

Cara ketiga adalah menggunakan fitur forgot pattern atau lupa pola/kata sandi. Untuk Android dengan OS Kitkat ke bawah, kemungkinan masih bisa menggunakan fitur ini. 

Setelah beberapa usaha yang beberapa kali gagal, penggunanya akan disuruh menunggu selama kurang lebih 30 detik untuk mencoba lagi pola/kata sandi. Nah setelah itu, gunakanlah fitur Forgot Pattern ini. 

Biasanya terdapat dua metode, yakni menjawab pertanyaan keamanan atau menggunakan akun Google sobat. Jika sobat memilih metode masuk menggunakan akun Google, Google akan mengirimkan lewat email akun google sobat dengan Pola/Kata Sandi pada layar kunci smartphone sobat. Atau sobat bisa menggantinya saat itu juga. Bukalah akun Google sobat di PC/Laptop atau pada perangkat lain untuk mengetahui email yang dikirimkan ke akun Google sobat.

4. Menggunakan ADB untuk membuka Pola/Kata Sandi

Cara yang keempat ini dibilang sangat mudah. Yakni melalui PC/Laptop sobat. Jika tidak punya, pinjamlah PC/Laptop punya saudara, teman, atau orang lain yang mempunyai PC/Laptop. Asalkan, sebelumnya sobat telah mengaktifkan fitur USB Debugging pada device sobat. 

Mulailah dengan menghubungkan device sobat ke PC/Komputer. Lalu buka command prompt di instalasi ADB sobat. Ketikkan perintah berikut:

adb shell rm /data/system/gesture.key

Kemudian tekan Enter. Lalu reboot smartphone sobat. Dan seharusnya kunci layar pada smartphone sobat sudah tidak ada. Tapi ini hanya sesaat. Maka dari itu, pastikan kamu menggunakan kata sandi/pola baru sebelum melakukan proses reboot kembali.

5. Factory Reset

Jika cara diatas masih belum berhasil, terpaksa sobat harus melakukan reset ulang pada smartphone sobat menggunakan factory reset dicara yang terakhir ini. 

Matikanlah smartphone sobat. Lalu masuk ke Recovery Mode. Untuk smartphone Samsung sendiri atau kebanyakan smartphone menggunakan tombol Volume Up + Power + Home untuk masuk ke Recovery Mode. Atau juga dengan Volume Down + Power untuk device lainnya. Tapi jika sobat tidak tahu cara masuk untuk smartphone yang sobat miliki, sobat bisa mencari caranya untuk masuk ke Recovery Mode.

Setelah masuk Factory Reset, pilih Wipe Data/Factory Reset dengan menekan tombol Volume Down lalu pilih menggunakan tombol Home/Power. Lalu pilih Yes dan proses pun akan dimulai. Tunggu sampai selesai.

Jika sudah selesai, pilih Reboot System Now. Dan otomatis smartphone sobat pun akan reboot. Selesai deh!


Kesimpulan: Sebelum menggunakan smartphone atau memakai pola/kata sandi, diharapkan sebelumnya untuk masuk ke akun Google milik sobat. Jika belum punya sobat bisa daftar, agar jika lupa pola/kata sandi lagi bisa menggunakan akun Google untuk membukanya.




Demikian artikel saya kali ini tentang Cara Mengatasi Lupa Pola/Kata Sandi pada Android Tanpa Factory Reset. Semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi sobat semua. Terimakasih.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 04:04:00

1 komentar:

Silahkan tulis pertanyaan, kritik, dan saran Anda di kolom komentar!
*) Komentar yang mengandung spam, link aktif, ataupun alamat blog tidak akan muncul!

Terimakasih.