Cara Mengubah Settingan Rainmeter pada Skins Jarvis Iron Man


BLOG KOMPUTER - Hai Sobat Blog Komputer! Bertemu kembali dengan saya pada kesempatan kali ini. Pada artikel sebelumnya, saya sudah membahas tentang Cara Mengubah Tampilan PC/Laptop Seperti J.A.R.V.I.S Iron Man, kali ini saya akan membahas tentang Cara Mengubah Settingan Rainmeter pada Skins Jarvis Iron Man.



Gimana sih caranya agar aplikasi yang kita klik agar menuju folder/aplikasi yang kita inginkan di Rainmeter? Pasti sobat semua bingung, kan? Jangan khawatir! Kali ini saya berbaik hati untuk memberikan sobat semua tips dan caranya.

Tapi sebelum itu lihat dulu perbedaannya dibawah.



Gimana? Udah liat perbedaannya? Pasti semua orang akan bertanya-tanya gimana sih cara mengubah namanya? Jangan bingung! Saya akan memberikan caranya.

Sobat hanya tinggal edit skins-nya menggunakan Photoshop. Pasti tahu dong Photoshop itu apa? Saya anggap semuanya sudah pada tahu. Terserah sobat menggunakan Photoshop versi berapa, yang penting bisa untuk mengedit skins Rainmeter ini. Saya mengedit skins ini menggunakan Photoshop CS6.

Langsung saja kita ke langkah-langkahnya.

BACA JUGA:
9 Antivirus Internasional Terbaik dan Terpercaya Gratis
9 Antivirus Lokal (Indonesia) Terbaik dan Terpercaya Gratis

Cara Edit Skins Rainmeter Menggunakan Photoshop

1. Sobat buka aplikasi Photoshop milik sobat.

2. Klik File > Open atau bisa dengan tekan Ctrl + O di keyboard. Dan cari skins yang ingin sobat edit di My Documents > Rainmeter > Skins > Iron Man > Shared. Nah, disana banyak sekali gambar skins Jarvis Iron Man.

3. Pilih salah satu yang ingin diedit. Contoh saja pada file yang bernama "apps".

4. Setelah dipilih, sobat pilih "Polygonal Lasso Tool" pada Photoshop. Dan seleksi lah pada nama aplikasi yang ingin sobat edit/ubah namanya. Contoh saja kita seleksi pada bagian "Images".

5. Seleksilah nama Images denan Polygonal Lasso Tool Tadi. Ingat! Jangan sampai terkena garis yang berada dibawahnya, ya!

6. Setelah terseleksi, tekan saja tombol "Del" pada keyboard. Otomatis tulisan Image akan terhapus. Jika ada kesalahan sobat bisa kembalikan lagi seperti semula dengan tombol pintasan pada keyboard. Tekan Ctrl + Alt + Z. Itu akan mengembalikan hasil tadi seperti semula.

7. Setelah terhapus, sobat hanya tinggal mengganti namanya. Pilih "Horizontal Type Tool" atau gambar dengan icon huruf "T" pada Photoshop sobat.

8. Tulislah aplikasi yang sobat inginkan. Contoh, kita menggantinya dengan kata "Gambar". Ketik Gambar pada kolom yang disediakan.

Dan untuk menyamakan huruf/font-nya sobat bisa mendownload font-nya disini.

9. Berilah warna dan sesuaikan dengan warna bawaan skins tersebut. Dengan cara Klik pada kotak yang berwarna pada Photoshop, dan arahkan kursor pensil ke warna yang dituju. Lalu klik Ok. Warna pun telah sesuai.

10. Klik Ctrl + Shift + E untuk menggabungkan semua layer dan pilih Save. Jangan Save As! Atau bisa menekan tombol keyboard berupa Ctrl + S.

11. Selesai. Sobat hanya tinggal menyegarkan skins-nya untuk melihat apakah berubah atau tidak. Dengan cara, kembali ke layar utama/desktop lalu klik kanan pada Gambar Skins. Jangan diluar gambar skins! Pilih Rainmeter > Segarkan Semua. Dan lihat hasilnya!

Untuk mengubah yang lainnya pun sama, gunakan cara diatas tadi.

Pada cara selanjutnya, kita akan membahas cara untuk mengatur settingannya agar sesuai. Contoh, jika sobat klik pada kata "Images" maka harus berupa folder "Images/Gambar" yang terbuka. Tidak mungkin dong jika diklik "Images" yang keluar malahan "Office Word". Tidak lucu kan, ya? Oke langsung saja ke langkah-langkahnya.

1. Klik kanan pada layar utama desktop. Ingat! Klik kanan harus pada skins!

2. Pilih sunting skin. Otomatis akan membuka Notepad seperti berikut.



Contoh saja kita akan mengubah folder Images agar terbuka folder Images/Gambar yang kita inginkan.

3. Cari kata [images]. Setelah ketemu, lihat gambar di bawah ini.


4. Yang saya blok dengan tanda biru itulah yang harus diganti. Cara menggantinya gampang. Masuk ke folder yang anda inginkan. Lalu copy-kan alamat folder sobat. Lihat gambar.


5. Alamat diatas yang saya lingkari merah yang harus sobat copy-kan. Klik kanan > Pilih Copy address as text.

6. Pastekan pada text yang saya blok biru pada gambar no. 3 tadi.

7. Lalu Save. Jangan Save As! Tekan saja Ctrl + S.

8. Setelah itu, kembali ke layar utama, lalu klik kanan pada skins > pilih Rainmeter > Segarkan Semua.

9. Lalu sobat coba apakah sudah sesuai atau tidak dengan cara klik pada tombol yang berbentuk bulat sebelah kata Images. Jika sesuai, maka jika sobat klik akan muncul folder yang sobat inginkan.

10. Selesai deh. Bagaimana gampang bukan? Selamat mencoba ya!

Oh iya, untuk mengganti semuanya, sobat gunakan lagi cara diatas tadi. Semoga berhasil! Jika masih bingung, sobat bisa menulis didalam komentar di bawah. Insya Allah akan saya jawab dan dibantu sampai berhasil.

Sekian artikel saya kali ini tentang Cara Mengubah Settingan Rainmeter pada Skins Jarvis Iron Man. Semoga bermanfaat. Terimakasih.



Demo Blog NJW V2 Updated at: 10:21:00

Silahkan tulis pertanyaan, kritik, dan saran Anda di kolom komentar!
*) Komentar yang mengandung spam, link aktif, ataupun alamat blog tidak akan muncul!

Terimakasih.