Menu Navigasi Yang Harus Ada Di Blog (Wajib)



BLOG KOMPUTER - Menu navigasi adalah hal yang paling wajib atau harus ada di dalam sebuah blog. Mengapa harus ada? Karena untuk memudahkan pengunjung yang ingin membaca setiap artikel dengan kategori yang berbeda.



Apa saja sih yang harus ada di dalam Menu Navigasi blog? Nah, dalam artikel kali ini tentunya penulis akan membahas sedikit tentang Menu Navigasi Yang Harus Ada Di Blog.


Daftar Menu Navigasi Yang Wajib Ada Di Blog


Dibawah ini ada sedikit daftar menu navigasi yang wajib harus ada di blog. Apa saja sih? Daripada penasaran, langsung saja lihat daftarnya di bawah ini.

1. Home/Beranda/Halaman Depan

Menu Navigasi yang satu ini bisa dikatakan menu navigasi yang sangat penting. Disemua tamplate pasti sudah terdapat Menu Navigasi ini. Maka dari itu, jangan pernah untuk menghilangkan Menu Navigasi Home.


2. Sitemap/Peta Situs/Daftar Isi

Menu Navigasi "Sitemap/Daftar Isi" ini sangat penting untuk Blog yang SEO Friendly. Menu navigasi yang satu ini berfungsi untuk internal link ataupun eksternal link. 



Jika sobat ingin membuat Sitemap seperti sitemap Blog Komputer diatas, sobat bisa lihat caranya DISINI.

3. About/Tentang

Navigasi "About" berfungsi untuk menggambarkan definisi sebuah blog atau web. Contohnya saja blog tentang Berita. Berarti isi dari menu yang satu ini adalah menceritakan suatu berita yang bakalan selalu update setiap waktu.

4. Contact/Kontak

Contact juga sangat penting untuk saling berkomunikasi antara pemilik blog atau web dengan pengunjungnya yang ingin berkonsultasi. Didalam menu navigasi ini bisa berisi Nomor Telepon, Email, Alamat Rumah ataupun yang lainnya, agar pengunjung bisa menghubungi pihak/pemilik blog atau web.



BACA JUGA:



5. Privacy Policy/Disclaimer/Terms of Service/Kebijakan Privasi

Nah, yang satu ini juga tidak kalah penting. Malahan sangat-sangat penting. Karena apa? Karena menu navigasi ini berfungsi atau berisi tentang tata tertib pengunjung di sebuah blog. Membuatnya juga sangat gampang, bisa dengan Privacy Policy Generator. Sedangkan untuk Disclaimer, berisi tentang tatakrama pengunjung tentang segala penggunaan informasi yang ada di blog.


6. Kotak Pencarian

Yang terakhir adalah Kotak pencarian. Ini sangat penting bagi pengunjung yang ingin mencari artikel, dan langsung menuju pada artikel yang diinginkan. Didalam sebuah blog, tentunya banyak sekali artikel yang menumpuk dan tidak mungkin dilihat satu-persatu. Dengan kotak pencarian ini, pengunjung akan dimudahkan untuk mencari artikel dengan keyword yang ingin dituju.
Kotak pencarian sebenarnya juga terdapat pada widget bawaan blogspot di Tata letak. Tetapi sobat bisa membuatnya sendiri dengan kode HTML yang sobat punya.


Nah, diatas adalah beberapa daftar menu navigasi yang harus wajib ada di blog. Sebenarnya masih banyak lagi daftar menu navigasi yang harus ada di blog. Namun, daftar di atas juga sudah cukup untuk membuat menu navigasi yang SEO Friendly dan memudahkan bagi para pengunjung dan juga merupakan syarat blog untuk Google Adsense dan SEO Friendly.


Sekian artikel kali ini tentang Menu Navigasi Yang Harus Ada Di Blog. Semoga bermanfaat bagi sobat semuanya. Terimakasih sudah berkunjung.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 07:50:00

Silahkan tulis pertanyaan, kritik, dan saran Anda di kolom komentar!
*) Komentar yang mengandung spam, link aktif, ataupun alamat blog tidak akan muncul!

Terimakasih.