Cara Aman Agar Terhindar dari Cracker, bukan Hacker


BLOG KOMPUTER - Sebenarnya artikel ini saya buat untuk menambah lagi wawasan dalam dunia perkomputeran. Mengapa judulnya "Cara Aman Terhindar dari Cracker, bukan Hacker"? Karena seorang Hacker itu tidak akan pernah untuk membobol suatu jaringan atau situs di dalam sebuah komputer atau internet. Yang membobol jaringan atau internet yaitu Cracker. Untuk lebih jelasnya sobat bisa membaca artikel saya sebelumnya di "Perbedaan Hacker dan Cracker".



Nah, jadi sudah tahu 'kan apa itu Hacker dan Cracker? Para Cracker akan senang jika membobol sebuah komputer ataupun email bahkan akun-akun sosial media lalu mencuri password, data, atau informasi yang dimiliki oleh korbannya. Bahkan seorang Cracker akan memasukkan sebuah virus/malware kedalam sebuah file yang didownload oleh korbannya didalam sebuah situs yang dikunjungi. Lalu virus itu akan menyebar kedalam sistem komputer dan mencuri semua data dan informasi, bahkan sampai membuat komputer korbannya menjadi rusak.

Tidak mau 'kan, semua itu terjadi pada komputer atau akun-akun yang sobat miliki? Maka dari itu, simak beberapa tips berikut ini.

Cara Mengamankan Komputer dan Akun dari Cracker

Berikut tips untuk mengamankan komputer dan akun yang kalian miliki.

1. Update Windows

Ini sangat penting untuk kalian agar untuk tetap menjaga OS tetap terlindung dari virus. Karena virus akan mengganggu sistem komputer kalian.

2. Update Software

Ini pun sangat penting. Updatelah aplikasi-aplikasi yang terinstall di komputer kalian supaya terhindar dari virus. Terutama pada browser-browser yang sering kalian gunakan. 

3. Gunakan Software Anti Virus

Cara ini sangat ampuh untuk melindungi komputer kalian dari ancaman virus. Bahkan bisa membersihkan komputer kalian dari virus-virus yang tersembunyi dan bersarang pada komputer kalian.


BACA JUGA:



4. Menghindari situs Cracker

Memangnya kita tahu bahwa situs yang kita kunjungi itu adalah milik Cracker? Bukan begitu. Berhati-hatilah dalam mendownload file pada situs-situs yang tidak terpercaya. Contohnya, mendownload film P*rno, musik, game, ataupun bermain game online. Downloadlah file-file tersebut pada situs yang sangat terpercaya. Karena, jika dalam situs selain situs terpercaya, kemungkinan file-file dalam situs yang berbahaya sudah disusupi oleh Cracker dan memasukkan virus kedalam file-file tersebut.

5. Menggunakan Password yang baik

Pasti banyak orang yang memiliki Akun sosial media lebih dari satu. Misal, Facebook, Instagram, Gmail, Yahoo, dan yang lainnya. Maka dari itu, gunakanlah akun tersebut dengan password yang baik. Bagaimana? Jangan pernah menggunakan password dengan kata yang mudah ditebak. Contohnya dengan nama kalian, tanggal lahir kalian, ataupun nama hewan kesayangan kalian. Gunakanlah kombinasi password dengan huruf, angka, dan simbol. Itu akan sangat menyulitkan Cracker untuk membobol password akun kalian.

6. Gunakan Antivirus pada Smartphone

Ini juga berguna, sering-seringlah untuk scan smartphone kalian agar terhindar dari virus-virus berbahaya yang telah dimasuki oleh Cracker. 

7. Hapus History dan Cache pada Browser

Jika sudah menggunakan browser pada komputer ataupun smartphone kalian, hapuslah history/riwayat serta cache pada browser tersebut. Cara ini agar para Cracker tidak akan mudah untuk membobol komputer, smartphone ataupun akun yang telah digunakan lewat browser tersebut.


Demikian beberapa tips Aman Agar Terhindar dari Cracker. Semoga bermanfaat bagi kalian semuanya. Terimakasih.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 09:18:00

Silahkan tulis pertanyaan, kritik, dan saran Anda di kolom komentar!
*) Komentar yang mengandung spam, link aktif, ataupun alamat blog tidak akan muncul!

Terimakasih.