Perbedaan Antara Jurusan Teknik Informatika dan Manajemen Informatika, Pilih Mana?


BLOG KOMPUTER - Untuk kalian yang berencana ingin melanjutkan kuliah setelah lulus SMA dan ingin memilih jurusan Informatika dan bingung mau pilih yang mana, antara jurusan Teknik Informatika atau Manajemen Informatika? Bagusan mana sih, teknik atau manajemen informatika?



Nah untuk itu, kalian tidak usah bingung. Pada artikel kali ini saya akan memberikan pembahasan tentang Perbedaan Antara Jurusan Teknik Informatika dan Manajemen Informatika.

Perbedaan Jurusan Teknik dan Manajemen Informatika

1. Teknik Informatika

Teknik Informatika merupakan kumpulan ilmu dan teknik yang secara khusus menangani masalah transformasi atau pengolahan data dengan memanfaatkan se-optimal mungkin teknologi komputer melalui proses logika. 

Bidang ilmu yang lebih banyak dikaji adalah Bidang Pemrograman dan Komputasi, Rekayasa Perangkat Lunak (Software) untuk berbagai bidang aplikasi dalam berbagai bidang usaha dan teknologi jaringan komputer dan tidak ketinggalan juga hardware-nya (Perangkat Keras).

Dasar ilmu dalam bidang teknik informatika adalah Algoritma. Para Mahasiswa akan diarahkan untuk bisa menguasai ilmu dan keterampilan rekayasa informatika yang berlandaskan pada kemampuan untuk memahami, menganalisis, menilai, menerapkan, serta menciptakan perangkat lunak (software) dalam pengolahan pada komputer. Secara garis besar, materi dalam Teknik Informatika dapat dikelompokan menjadi beberapa ilmu, antara lain Sistem Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Pemrograman dan Komputasi, serta Arsitektur dan Jaringan Komputer.

Jenis Pekerjaan untuk Teknik Informatika

Jenis pekerjaan yang tepat untuk lulusan Teknik Informatika yaitu Programmer, Sistem Analis, Web Designer, Software Engineer/Web Engineer, Computer Network/Data Communication Engineer, Instansi Pemerintah dan Lembaga Penelitian, serta Perusahaan-perusahaan jasa Telekomunikasi, perbankan, konsultan, atau menjadi seorang dosen di perguruan tinggi maupun swasta, dan masih banyak lagi profesi-profesi untuk lulusan teknik informatika ini.


BACA JUGA:


2. Manajemen Informatika

Perkembangan dunia usaha maupun dunia industri saat ini akan sangat mempengaruhi teknologi yang digunakan. Penggunaan teknologi yang tepat akan menghasilkan informasi yang lebih cepat, tepat dan sesuai juga komunikasi yang lebih efektif. Kondisi seperti ini akan sangat mempengaruhi sumber daya yang dapat menguasai teknologi yang dimulai dari konsep keilmuan hingga pengembangan dalam dalam bidang pemrograman maupun desain.

Beberapa pelajaran yang diajarkan pada Manajemen Informatika antara lain Bahasa Program PHP dan Delphi; Basis data Oracle dan MySQL; Desain grafis, animasi dan multimedia komputer; Pembuatan dan manipulasi gambar digital; Pembuatan animasi web dan kartun; serta Video editing.

Jenis Pekerjaan untuk Manajemen Informatika

Lulusan Manajemen Informatika diharapkan dapat menjadi individu yang kreatif dan profesional di bidangnya. Bidang kerja yang dapat diraih, antara lain Administrator Sistem dan Web, Konsultan Desain, Junior Programmer, Tenaga Ahli Desain Grafis, dan masih banyak lagi.

Kesimpulan

Jadi, jika kalian menguasai ilmu Matematika khususnya Algoritma, ingin menjadi seorang Programmer Profesional, Menciptakan/membuat sebuah software/aplikasi komputer atau bahkan smartphone, atau ingin menjadi seorang Desain Web, lebih baik pilih Jurusan Teknik Informatika. Tetapi, jika kalian tidak menguasai ilmu Matematika/Algoritma, lebih baik pilih jurusan Manajemen Informatika. Jangan memaksakan diri untuk masuk jurusan teknik informatika. Diawal memang tidak akan sulit, tetapi lama-kelamaan rasa penyesalan akan datang pada diri kalian saat sudah masuk jurusan Teknik Informatika. Namun Manajemen Informatika hanya beberapa ilmu saja yang dipelajari, sedangkan untuk Teknik Informatika dari A sampai Z akan dipelajari termasuk kedalam hardware komputer itu sendiri (Membongkar, Memperbaiki bahkan Merakit sebuah komputer). 


Dari pembahasan diatas, semoga bisa membuat kalian memutuskan untuk memilih masuk jurusan Teknik Informatika ataupun Manajemen Informatika. Semuanya tergantung kalian, juga pada keahlian serta kemampuan yang kalian miliki. 


Demo Blog NJW V2 Updated at: 06:09:00

Silahkan tulis pertanyaan, kritik, dan saran Anda di kolom komentar!
*) Komentar yang mengandung spam, link aktif, ataupun alamat blog tidak akan muncul!

Terimakasih.