Bahasa Pemrograman Yang Paling Mudah Untuk Dipelajari Oleh Pemula


BLOG KOMPUTER - Belajar bahasa pemrograman memang tidak semudah kita dalam belajar Bahasa Indonesia atau pun Bahasa Inggris dan yang lainnya. Namun, tidak semua bahasa pemrograman sangat sulit untuk dipelajari, dan ada beberapa bahasa pemrograman yang cocok untuk dipelajari oleh pemula.


Bahasa pemrograman adalah sebuah instruksi standar untuk memerintahkan komputer untuk menjalankan fungsi tertentu. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer.

Jika sobat ingin mencoba untuk mempelajari bahasa pemrograman, dan bingung memilih bahasa mana yang harus dipelajari terlebih dahulu, saya rasa sobat bisa mempelajari salah satu bahasa berikut ini.

5 Bahasa Pemrograman Yang Mudah Dipelajari

1. JavaScript


Jika sobat tertarik dengan dunia Web Development, JavaScript merupakan pilihan terbaik untuk memulai belajar bahasa pemrograman. JavaScript adalah bahasa pemrograman HTML dan Web yang digunakan secara luas pada website untuk antarmuka yang lebih baik dan respons yang cepat.

2. Python


Python juga termasuk bahasa pemrograman yang mudah untuk dipelajari. Bisa digunakan di aplikasi web dan desktop, Python menawarkan beragam project yang cukup potensial. Python juga mendukung OOP, procedural, dan functional programming.

3. Java


Java adalah bahasa pemrograman paling populer dan dianggap standar untuk bahasa yang berorientasi objek dalam industri. Java telah menjadi bahasa yang hampir universal dan dapat berjalan di hampir semua platform.

4. C#


C# adalah bahasa pemrograman evolusi dari C dan C++, dan dikembangkan oleh Microsoft. C# (C-sharp) biasa digunakan untuk membuat beragam software untuk desktop. Untuk belajar C#, sobat harus mempunyai software Visual Studio yang bisa didownload secara gratis.

5. Ruby on Rails


Ruby on Rails bisa menjadi pilihan terakhir sobat untuk belajar bahasa pemrograman untuk dunia web development. Belajar Ruby sedikit lebih mudah karena tidak perlu belajar banyak perintah. Beberapa situs seperti Goupon dan Github menggunakan Ruby pada backend mereka.

Itu tadi adalah 5 bahasa pemrograman yang mudah untuk dipelajari oleh sobat yang ingin mempelajari bahasa pemrograman bagi pemula. Sebenarnya masih banyak lagi bahasa pemrograman yang dapat dipelajari. Namun, 5 bahasa pemrograman diatas sudah lebih dari cukup untuk mempelajari bahasa pemrograman. Semoga bermanfaat!


Demo Blog NJW V2 Updated at: 10:36:00

Silahkan tulis pertanyaan, kritik, dan saran Anda di kolom komentar!
*) Komentar yang mengandung spam, link aktif, ataupun alamat blog tidak akan muncul!

Terimakasih.