Cara Mudah Merekam Layar Laptop


BLOG KOMPUTER - Ada berbagai macam software/perangkat lunak yang mempunyai kemampuan untuk merekam layar komputer, khususnya VLC Media Player. VLC Media Player merupakan salah satu pemutar media open source yang mendukung berbagai fungsi tersembunyi yang tidak diketahui oleh banyak orang, yaitu bisa digunakan untuk merekam layar komputer atau segala aktivitas yang sobat lakukan pada komputer sobat.


Untuk sobat yang ingin mengetahui cara untuk merekam layar laptop hanya dengan menggunakan aplikasi VLC Media Player, sobat bisa menyimak caranya di bawah ini.

Cara Merekam Layar Laptop Menggunakan VLC Media Player

Hal pertama yang harus sobat lakukan adalah mempunyai aplikasi VLC Media Player. Jika tidak punya, sobat bisa mendownload aplikasinya di bawah ini.


DOWNLOAD: 



Sudah di download? Jika sudah, install aplikasinya seperti biasa dan kita lanjutkan caranya di bawah ini.

1. Buka VLC Media Player. Setelah terbuka, klik menu Media lalu pilih Open Capture Device.


2. Selanjutnya, pada menu pilihan drop-down di bagian Capture Mode, pilih pilihan untuk Desktop.


3. Jika sudah, sekarang sobat akan diperlihatkan sebuah halaman baru, dimana sobat dapat memilih frame rate untuk merekam layar desktop. Sobat dapat memilih pada tingkat 15fps untuk merekam desktop kalau hanya sekedar untuk tujuan tutorial.


4. Selanjutnya akan terdapat kata Play pada menu drop-down bagian bawah, klik dan pilih Convert.
5. Setelah itu sobat akan melihat halaman baru untuk menyimpan hasil video. Pilihlah folder pada bagian Destination File dengan klik Browse, lalu pilih folder untuk menyimpan hasil video.


6. Setelah semua cara diatas selesai, hal terakhir yang harus sobat lakukan adalah dengan klik tombol Start. Dan sobat bisa memulai untuk merekam layar desktop dengan me-minimize tampilan jendela VLC. Untuk menghentikan rekaman, sobat hanya perlu membuka tampilan jendela VLC dan menekan tombol Stop.

Bagaimana, mudah bukan? Tentunya cara yang satu ini sangat mudah dilakukan oleh siapa saja. Demikian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 10:01:00

Silahkan tulis pertanyaan, kritik, dan saran Anda di kolom komentar!
*) Komentar yang mengandung spam, link aktif, ataupun alamat blog tidak akan muncul!

Terimakasih.