Pengen Baterai Smartphone Kamu Awet? Ini 3 Waktu Terbaik Untuk Isi Ulang Baterai Smartphone


BLOG KOMPUTER - Bukan soal spesifikasi atau pun teknologi kamera terbaru, komponen yang paling penting pada smartphone ialah baterai. Tanpa baterai, mau secanggih apapun teknologi yang dibawanya tidak akan bisa membuat smartphone bisa digunakan.


Mengingat betapa pentingnya peranan smartphone di kehidupan kita, menjaga daya tahan baterai smartphone juga sangatlah penting. Mengisi ulang baterai smartphone bukan hanya memasangkan kabel charger dari sumber daya ke port USB, sobat juga harus tahu cara charge smartphone yang benar, termasuk waktu terbaik untuk melakukannya. 

Maka dari itu, tahukah sobat kapan waktu yang terbaik untuk mengisi ulang baterai smartphone milikmu? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

Waktu Terbaik untuk Mengisi Ulang Baterai Smartphone

1. Saat Baterai Smartphone Sisa 10%


Waktu terbaik untuk mengisi ulang baterai smartphone adalah ketika baterai smartphone sudah 10%. Pada saat ini baterai smartphone akan menuju habis, sehingga mampu menampung daya berkekuatan tinggi sekaligus untuk membuat proses isi ulang lebih cepat.

Hindari untuk mengisi baterai smartphone saat baterai benar-benar sudah hampir habis, karena akan membuat proses isi ulang lebih lama. Dan juga akan sia-sia ketika isi ulang baterai smartphone jika masih penuh.

2. Saat Pagi Hari

Lebih baik charge smartphone di pagi hari sehabis bangun tidur. Charge smartphone malam hari dan meninggalkannya saat tidur hanya akan membuat overcharging, sehingga dapat memperpendek umur baterai smartphone sobat.


Kenapa harus di pagi hari? Soalnya, sobat bisa mengisi ulang baterai smartphone sambil sobat mandi dan menikmati sarapan sebelum sobat pergi kerja, sekolah, atau pun ke kampus. Tanpa khawatir overcharging, sobat bisa fokus menikmati waktu pagi dan mencabut charger sebelum berangkat.

3. Sesuai Kebutuhan

Mengisi ulang baterai smartphone terlalu sering akan membuat siklus baterai smartphone cepat habis. Sebaiknya isi ulang sesuai kebutuhan, yakni saat baterai mau habis dan tersisa 10%.


Saat baterai 10% dan diisi ulang sampai 100%, ini akan dihitung satu siklus. Begitu juga ketika diisi ulang saat baterai 60% lalu penuh jadi 100%, tetap dihitung satu siklus. Artinya ini tidak efisien, karena rata-rata baterai smartphone cuma memiliki 500-1000 kali siklus baterai.

Jadi, masih mau charge smartphone sembarangan? Supaya baterai smartphone bisa berumur panjang, yuk terapkan waktu terbaik untuk isi ulang baterai smartphone ini dengan benar!


Demo Blog NJW V2 Updated at: 11:42:00

Silahkan tulis pertanyaan, kritik, dan saran Anda di kolom komentar!
*) Komentar yang mengandung spam, link aktif, ataupun alamat blog tidak akan muncul!

Terimakasih.