Perbedaan NVIDIA dan AMD, Bagus Yang Mana?


BLOG KOMPUTER - Banyak sekali perdebatan dan pertanyaan yang muncul antara kedua grafis ternama, yaitu antara NVIDIA dan AMD. Bagi para gamers, mungkin sudah tidak asing lagi dengan keduanya. Karena sama-sama memberikan hasil dan performa yang menakjubkan.


Buat yang tidak tahu apa itu NVIDIA dan AMD, saya akan jelaskan secara singkat. Jadi, NVIDIA atau AMD ini adalah suatu perusahaan produsen prosesor grafis, media dan alat-alat komunikasi untuk komputer pribadi dan juga konsol permainan Playstation. Kedua perusahaan ini memproduksi VGA Card atau suatu perangkat keras yang melakukan pemrosesan output yang ditampilkan pada layar monitor. 

Apakah VGA sangat penting?

Sesuai yang saya jelaskan di atas, VGA ini bertugas untuk menghasilkan suatu grafis yang diperankan oleh sistem. Semakin berat tugas yang perlu dimainkan, maka kemampuan dari sebua VGA sangat perlu untuk ditingkatkan. Bagaimana caranya? Caranya yaitu dengan meng-upgrade nya.



BACA JUGA:


Perbedaan Antara NVIDIA dan AMD

1. NVIDIA

Sebagian para gamers menganggap kartu grafis yang satu ini sangat istimewa, dikarenakan banyaknya dukungan game terhadap produsen NVIDIA. Ada dua jenis yang yang dikeluarkan oleh NVIDIA, yaitu NVIDIA GeForce dan NVIDIA Quadro.


NVIDIA GeForce lebih diperuntukkan untuk game, sedangkan NVIDIA Quadro diperuntukkan untuk editing. Jadi, banyak para gamers yang memilih NVIDIA GeForce untuk bermain game. GeForce juga bisa dilakukan untuk editing, namun tidak akan semaksimal Quadro.

2. AMD

Nama AMD ini dulunya adalah ATI. Sebagian para gamer juga ada yang melirik AMD dengan alasan performa diatas NVIDIA dan harga lebih bersahabat ketimbang NVIDIA. Ada dua jenis pada AMD ini, yaitu AMD Radeon dan AMD FirePro/FireGL.


AMD Radeon di khusus kan untuk game, dan AMD FireGL untuk profesional user. Jadi, sobat harus bijak dalam memilih.

Kesimpulan

Lebih bagus mana antara AMD dan NVIDIA? Sesuai yang saya sebutkan diatas tadi, ada beberapa jenis VGA Card yang dikeluarkan oleh masing-masing perusahaan. Apalagi sekarang telah keluar jenis terbaru dari NVIDIA, yaitu NVIDIA GTX. Jika sobat ingin menggunakan kartu grafis untuk bermain game, pilih NVIDIA GeForce atau GTX atau bisa juga AMD Radeon yang harganya sangat bersahabat dengan kantong sobat, tergantung mana yang sobat inginkan. Karena menurut saya, sangat sulit untuk membedakan keduanya. Karena kartu grafis yang dihasilkan keduanya sangat bagus untuk dipakai bermain game.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 09:00:00

Silahkan tulis pertanyaan, kritik, dan saran Anda di kolom komentar!
*) Komentar yang mengandung spam, link aktif, ataupun alamat blog tidak akan muncul!

Terimakasih.