Cara Melacak Smartphone Android Yang Hilang dengan Mudah


BLOG KOMPUTER - Pernahkan sobat kehilangan smartphone? Entah itu dicuri maupun tertinggal disuatu tempat karena kelalaian sendiri? Pasti semua orang sering melakukan tindakan seperti ini yang mengakibatkan smartphonenya hilang entah kemana.



Tapi jangan khawatir. Untuk mengetahui letak keberadaan smartphone sobat, entah itu dicuri ataupun lupa menyimpannya, gunakan cara dibawah ini untuk melacak smartphone android sobat yang hilang. Cara ini tentunya sangat mudah untuk dilakukan.

Tips yang satu ini hanya dengan menggunakan sebuah aplikasi yang bernama Android Device Manager. Dengan aplikasi ini, tentunya sobat bisa memantau dan mencari letak keberadaan smartphone yang hilang. Fungsi lainnya adalah, aplikasi ini bisa untuk mengendalikan perangkat Android sobat dari jarak jauh. Dengan aplikasi ini, sobat bisa melacak, mengunci, hingga menghapus data yang berada di smartphone android sobat. Caranya sebagai berikut.

Cara Melacak Smartphone Android Menggunakan Android Device Manager


A. Lewat Android

Dengan melakukan cara ini, sobat harus mempunyai 2 smartphone ataupun bisa menggunakan smartphone milik suadara ataupun teman sobat yang mempunyai smartphone.

1. Download aplikasi Android Device Manager.

2. Instal aplikasi seperti biasa.

3. Setelah diinstal, buka aplikasi Android Device Manager. Lalu klik Accept.


4. Login dengan menggunakan Akun Google yang juga digunakan pada smartphone android sobat. Karena Android Device Manager akan terhubung dengan smartphone android sobat.

5. Dengan ini, sobat bisa menemukan lokasi smartphone sobat yang hilang menggunakan smartphone yang lain.


6. Lalu pilihlah perintah yang ingin sobat lakukan, apakah ingin memaksanya berdering, mengunci smartphone, atau menghapus datanya.




B. Menggunakan PC/Laptop

Ada cara lainnya selain menggunakan smartphone android, yaitu dengan menggunakan PC/Laptop. 

1. Buka situs website Android Device Manager. Login dengan menggunakan Akun Google yang digunakan pada smartphone Android sobat.

2. Jika muncul Alert, Klik Terima/Accept. Dan kamu akan masuk ke Android Device Manager.


3. Untuk melacak smartphone android yang hilang, sobat bisa klik icon GPS yang berada di pojok kanan pop-up. Jika GPS pada smartphone android sobat tidak aktif, sobat tidak akan bisa mendapatkan lokasinya. Namun, sobat bisa merestart-nya dengan memilih pilihan Erase/Hapus. Dengan begini, smartphone android tersebut akan merestart ulang ke pengaturan pabrik dan akan menyetel ulang GPS untuk menyala. Lalu, sobat pun bisa menemukan lokasi smartphone android tersebut.


4. Demi mencegah hal yang tidak diinginkan, sobat bisa mengunci smartphone android tersebut dengan password menggunakan fitur Lock. Atau, jika smartphone sobat ternyata di Silent dan disembunyikan oleh orang lain terutama teman sobat, sobat bisa menggunakan fitur Ring. Dengan begitu, smartphone sobat akan mengeluarkan suara penuh.



Itulah beberapa tips untuk menemukan smartphone android yang hilang. Namun, cara ini hanya bisa sobat gunakan ketika smartphone tersebut dalam keadaan aktif. Meski belum ditemukan cara yang tepat, cara ini sudah cukup untuk menemukan smartphone android yang hilang.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 02:08:00

Silahkan tulis pertanyaan, kritik, dan saran Anda di kolom komentar!
*) Komentar yang mengandung spam, link aktif, ataupun alamat blog tidak akan muncul!

Terimakasih.