Perbedaan Hacker dan Cracker Yang Harus Kalian Tahu


BLOG KOMPUTER - Didalam keseharian, seringkali orang-orang salah mengartikan kata Hacker ataupun Cracker. Seorang Hacker belum tentu diartikan sebagai seorang Penjahat Cyber/Internet. Tapi "Nasi sudah menjadi bubur", banyak orang yang sudah menyalahartikan Hacker sebagai seorang penjahat cyber.



Agar tidak salah dalam mengartikan Hacker dan Cracker, apalagi jika kalian sedang mengobrol dengan anak IT tentang Hacker atau Cracker, dan kalian menyalahartikannya pasti akan dipermalukan oleh anak IT tersebut. Maka dari itu, simak tentang Perbedaan Hacker dan Cracker di bawah ini. Karena perbedaan Hacker dan Cracker dalam ilmu komputer ini harus kalian ketahui.


Pengertian serta Perbedaan Hacker dan Cracker


Hacker adalah orang atau sekelompok orang yang bekerja untuk mencari suatu kelemahan sistem di dalam komputer, dan kemudian memberikan gagasan baru agar sistem yang berhasil dibobol tersebut akan aman dari setiap gangguan di luar. Atau juga bisa diartikan sebagai seseorang yang mempunyai keinginan untuk mengetahui secara mendalam mengenai kerja suatu sistem komputer atau jaringan komputer, sehingga ahli dalam bidang penguasaan sistem komputer atau jaringan komputer. 

Walaupun hacker sering menyusup di dalam sebuah situs internet, para hacker tidak akan pernah untuk merusak sebuah situs tersebut. Para hacker juga banyak mempunyai ide-ide yang sangat kreatif dan bisa sangat bermanfaat. Dengan ide-ide dan ilmu yang kreatif, Hacker juga selalu berbagi ilmunya dengan siapa saja yang membutuhkan. 


Sedangkan Cracker adalah orang yang melakukan pekerjaan untuk mencari kelemahan sebuah sistem dalam jaringan internet, yang kemudian ia gunakan untuk kepentingannya sendiri dengan mencuri data, menghapus data, atau bahkan merusak data yang merugikan orang lain. 
Berbeda dengan Hacker, Cracker justru akan merusak sebuah sistem ataupun situs yang mereka kunjungi. Sebagai contoh, memasukkan virus atau mencuri password-password email ataupun password yang lainnya. Cracker juga memiliki ide yang bagus, namun akan merugikan orang lain dan menguntungkan dirinya sendiri. 

Seorang Cracker akan sering bersembunyi dan sangat pelit untuk membagikan ilmunya kepada orang lain. Dan juga Cracker mempunyai IP Address yang akan sulit untuk dilacak.

Kesimpulan

Hacker dalam dunia komputer akan sangat saling menguntungkan dan tidak saling menjatuhkan atau merugikan orang lain. Dan tidak ada hubungannya dengan mencuri password, data, ataupun informasi untuk kepentingannya sendiri. 

Jika ada salah seorang yang mencuri password, data atau informasi bahkan menyusupi situs dengan sebuah virus itu bukan Hacker, melainkan disebut dengan Cracker. Cracker juga sangat licik dan tentunya akan sangat merugikan orang lain dengan mencuri data atau informasi yang lainnya.


Semoga dengan artikel ini dapat membantu wawasan kita dalam membedakan Hacker dan Cracker. Maka dari itu, jangan pernah sebut Hacker sebagai seorang Cyber Crime atau Penjahat dalam dunia Internet.



Demo Blog NJW V2 Updated at: 08:29:00

Silahkan tulis pertanyaan, kritik, dan saran Anda di kolom komentar!
*) Komentar yang mengandung spam, link aktif, ataupun alamat blog tidak akan muncul!

Terimakasih.