Pengertian Deep Web dan Cara Memasukinya


BLOG KOMPUTER - Apa sih yang dimaksud dengan Deep Web? Dan bagaimana caranya untuk mengakses Deep Web? Nah, mungkin pernyataan itu sering muncul dibenak-benak sobat. Maka dari itu, pada artikel kali ini saya akan sedikit membahas tentang Pengertian dan Cara Memasuki Deep Web.



Selama ini kita sering mendengar istilah "Berselancar di Dunia Maya", bukan? Asal sobat tahu saja, selama kita berselancar di dunia maya, kita hanya menyentuh Permukaan Laut-nya saja, loh! Penasaran? Simak saja semuanya di bawah ini!



Pengertian Deep Web

Jika digambarkan, Deep Web akan seperti gambar di bawah ini.



Jika kita artikan gambar di atas, Internet yang sobat jelajahi hanya memiliki konten kurang lebih 4% (Google, Facebook, dll). Sangat kecil, ya? Tentu. Berbeda dengan, Deep Web. Deep Web memiliki konten yang tidak terbatas dan konten yang tidak terindex oleh Google, bisa sobat dapatkan di Deep Web ini.

Menurut Wikipedia, Deep Web adalah bagian dari World Wide Web tetapi tidak termasuk ke dalam internet yang dapat dicari dengan mudah. Dan tentunya Deep Web berbeda dengan Dark Internet, dimana komputer tidak dapat dijangkau melalui internet atau dengan Darknet yang merupakan jaringan untuk menukarkan data.

Di Indonesia, Deep Web disebut sebagai Web Mendalam. Jika kalian mencari konten di Internet, contohnya Google, tentunya akan ada banyak sekali konten yang kalian cari. Namun, informasi yang sangat mendalam tidak akan tertangkap atau didapatkan. Kebanyakan informasi atau konten yang terdapat di Internet terkubur dalam situs yang dinamis, dan mesin pencari yang standar tidak akan dapat mampu untuk menemukannya. Dan tentunya, mesin pencari tidak akan dapat melihat atau mengambil data di dalam Deep Web. Sejak tahun 2001, Deep Web dinyatakan memiliki ukuran yang lebih besar daripada Web biasa.



BACA JUGA:
Sisi Gelap Deep Web, Situs-Situs Berbahaya di Dunia Internet
Perbedaan Hacker dan Cracker Yang Harus Kalian Tahu
Namun di Indonesia, ternyata banyak yang salah kaprah tentang hal ini. Hampir semua blog di Indonesia menggambarkan Deep Web sama persis, yaitu sebagai situs yang memiliki konten yang negatif dimana banyak kengerian di dalamnya. Dan tentunya, Deep Web ini merupakan berkumpulnya para Hacker, sehingga kalian harus berhati-hati.

Konten-konten yang terdapat pada Deep Web antara lain berupa database hasil penelitian yang dilakukan oleh lembaga penelitian, pemerintah, ataupun yang bersifat pribadi. Konten lainnya antara lain berupa konten porno, ilegal (narkoba, obat-obatan, dll), konten yang dibuat oleh para hacker, dokumen rahasia pemerintah serta aneka konten ekstrim lainnya. Adapula situs penjualan Manusia dan situs penelitian yang melibatkan manusia sebagai objeknya. Mengerikan sekali!

Apakah Deep Web berbahaya? Jawabannya, Ya. Deep Web sangat berbahaya. Ada banyak sekali hacker-hacker yang mampu mendeteksi keberadaan kita dengan mudah ketika kita memasuki Deep Web. Jika kita melakukan kecerobohan ketika mengakses Deep Web, maka para hacker akan mengungkap identitas kita, bahkan mencuri semua informasi yang kita miliki.


Cara Memasuki Deep Web

Sebenarnya, Deep Web bukanlah suatu situs yang perlu diakses. Namun, jika kita sudah terlanjur mengakses Deep Web, maka kita harus berhati-hati dengan segala sesuatu yang berada di Deep Web. Usahakan juga untuk tidak mengunduh apapun atau memasuki informasi apapun kedalam Deep Web. Jika untuk sekedar melihat konten-kontennya tidak terlalu bermasalah. Tapi jangan coba-coba terlibat lebih jauh lagi di dalam dunia Deep Web jika tidak ingin merasakan akibatnya.

Terdapat banyak situs yang berada di Deep Web, yaitu ada situs jual beli manusia, situs jual beli narkoba, sampai situs dengan konten-konten ekstrim lainnya. Dan untuk kalian yang takut, diharapkan jangan mengakses situs pada Deep Web! Dan masih banyak lagi situs-situs yang berada di Deep Web yang bisa kalian cari di Hidden Wiki.

Dan tentunya, setelah mengakses Deep Web, jangan lupa untuk menghapus semua History dan Cache pada browser.

Sebelum melakukan cara ini, sebaiknya pikirkan dahulu dengan matang-matang, dan resiko ditanggung sendiri!

Menggunakan TOR Browser

TOR kepanjangan dari The Onion Router adalah sebuah browser seperti Chrome atau Mozilla Firefox yang memiliki kemampuan lebih dibandingkan dua browser tersebut. TOR bisa disebut software seperti VPN yang memungkinkan kita untuk mengakses internet secara anonim. Dikarenakan didalam Deep Web banyak sekali hacker yang dapat mengancam keamanan berinternet.

Saat menjalankan TOR Browser, koneksi asli pengguna akan diarahkan kejaringan milik TOR. Dan jaringan tersebut telah dienkripsi agar tidak dapat terdeteksi dari pihak manapun. Baik dari ISP maupun situs yang dikunjungi.
  • Sebaiknya menggunakan proxy/VPN agar lebih aman.
  • Selalu gunakan block popup.
  • Jangan mengunduh apapun di Deep Web menggunakan IDM (Internet Download Manager).
  • Jangan melakukan login ke situs manapun selama browsing di Deep Web.
  • Tampilkan indikator trafik internet, dan waspada trafik yang mencurigakan.
  • Jangan menyimpan sandi di browser.
  • Setelah browsing, hapus history, cache, dan folder temp di komputer.
Kesimpulan

Berhati-hatilah untuk menggunakan Deep Web! Karena Deep Web bukanlah situs yang positif untuk kalian semua, karena dapat mencuri semua data dan informasi pribadi yang kalian miliki. Maka dari itu, jika kalian memaksa untuk mengakses Deep Web maka saya tidak bertanggungjawab atas semua resiko yang kalian dapatkan. Dan untuk kalian yang takut dengan hal-hal yang ekstrim, saya sarankan jangan coba-coba untuk mengakses situs-situs di Deep Web. Dan buat kalian yang penasaran dan memaksa untuk mengaksesnya, silahkan saja, tapi tetap berhati-hatilah dalam menggunakan Deep Web!

Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat untuk sobat semuanya. Terimakasih.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 05:20:00

Silahkan tulis pertanyaan, kritik, dan saran Anda di kolom komentar!
*) Komentar yang mengandung spam, link aktif, ataupun alamat blog tidak akan muncul!

Terimakasih.