Hal Yang WAJIB Dilakukan Setelah Membeli Smartphone


BLOG KOMPUTER - Baru gajian dan ingin membeli smaftphone baru? Atau nabung dulu untuk membelinya? Atau mungkin dibelikan sama orang tua? Apalagi smartphonenya adalah keluaran terbaru yang speknya lebih gahar.

Namun, sebelum sobat menggunakannya apalagi ingin menginstal banyak aplikasi dan bermain game, ada baiknya sobat harus memperhatikan beberapa hal. Dengan melakukan beberapa hal dibawah ini, dijamin dalam menggunakan smartphone baru, sobat pun akan semakin nyaman dan seru.

Dan sebelum sobat pamer smartphone baru di beberapa akun media sosial sobat, ada baiknya lakukan 10 Hal Yang Harus Dilakukan pada Smartphone Baru sobat dibawah ini.

10 Hal Yang Harus Dilakukan pada Smarthpone Baru

1. Cek Kelengkapan

Saat membeli smartphone, pastikan barang yang dibeli memiliki garansi. Baik garansi resmi maupun distributor. Setidaknya ada jaminan jika ada hal yang tidak diinginkan terjadi pada smartphone baru sobat.


Saat membeli di toko offline, pastikan semuanya lengkap dan dalam kondisi yang sempurna. Tapi jika membeli di toko online, pastikan untuk membuat dokumenter unboxing agar ada bukti kuat jika sewaktu-waktu barang yang diterima ternyata tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Cek apakah charger-nya bisa digunakan, earphone-nya jalan, cek layar, kemampuan membaca kartu SIM, dan lain-lain.

2. Membuat Akun Cadangan

Akun cadangan berguna untuk menyimpan atau memuat semua data yang disimpan pada smartphone. Hal ini akan sangat berguna jika sobat mengganti dengan smartphone baru. Jadi, tidak perlu repot-repot untuk memindahkan data satu per satu.


3. Matikan Shortcut Aplikasi Baru

Sebelum menginstal beragam aplikasi, pastikan untuk mematikan shortcut aplikasi baru ke Home screen jika tidak ingin tampilan Home screen berantakan.


Caranya, masuk ke Google Play Store > Settings. Lalu hilangkan tanda ceklis di Add icon to Home screen.

4. Update Aplikasi Bawaan

Pada setiap smartphone biasanya sudah dibekali dengan aplikasi bawaan. Agar kinerja smartphone semakin maksimal, lalukan update pada aplikasi-aplikasi bawaan yang ada di smartphone. Setelah diperbarui, barulah sobat instal beragam aplikasi lain.


5. Kurangi Brightness

Semakin tinggi tingkat kecerahan, semakin cepat pula baterai smartphone habis. Untuk menghindari hal ini, pastikan untuk mengurangi tingkat kecerahan pada smartphone sobat.

BACA JUGA:


6. Gunakan Wallpaper Hitam


Apakah smartphone yang sobat miliki menggunakan jenis layar AMOLED? Teknologi ini terkenal tajam dan hemat baterai. Untuk itu, gunakanlah wallpaper dengan warna hitam untuk membuat konsumsi daya baterainya semakin hemat.

7. Aktifkan Do Not Distrub

Fitur ini berfungsi untuk meredam semua notifikasi yang masuk pada jam-jam istirahat sobat, sehingga sobat bisa beristirahat dengan tenang dan nyaman.


Sobat bisa mengaktifkan fitur ini dengan cara, masuk menu Settings > Sound and Notification. Lalu cari yang sekiranya berhubungan dengan fitur ini.

8. Atur Kunci


Tujuannya adalah agar menggunakan smartphone dengan aman saat nanti mulai banyak dokumen pribadi, sobat bisa memakai password, PIN, pola, atau dengan sidik jari jika ada.

BACA JUGA:

9. Aktifkan Android Device Manager

Hal ini untuk berjaga-jaga jika smartphone sobat hilang. Dengan Android Device Manager, sobat bisa dengan mudah menemukannya kembali.


Bahkan jika dicuri, dengan Android Device Manager ini sobat bisa melacak letak smartphone sobat berada.

BACA JUGA:

10. Login Media Sosial

Agar lebih terasa nuansa smartphone barunya, sobat pastinya akan share foto dan video-nya ke akun media sosial milik sobat, seperti Facebook, Path, maupun Instagram. Maka dari itu instal dan login ke akun media sosial milik sobat.


Nah, itulah 10 hal yang wajib dilakukan pada smartphone baru, semoga artikel kali ini bermanfaat!


Demo Blog NJW V2 Updated at: 09:28:00

Silahkan tulis pertanyaan, kritik, dan saran Anda di kolom komentar!
*) Komentar yang mengandung spam, link aktif, ataupun alamat blog tidak akan muncul!

Terimakasih.